DPPPA Kalsel Kaji Tiru SAKIP DP3AP2 Daerah Istimewa Yogyakarta

Yogyakarta – Seiring dengan arahan dan edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo yang meminta pimpinan daerah di seluruh Indonesia meniru pelaksanaan tata kelola pemerintahan, khususnya akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mempercepat reformasi birokrasi. Hal ini dikarenakan dari sisi penilaian akuntabilitas kinerja, Pemda DIY selama 5 tahun berturut-turut telah menempati posisi sebagai pemda terbaik dan layak menjadi model bagi seluruh instansi pemerintahan di Indonesia.

Selama empat kali sejak 2014, Pemda DIY memperoleh hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat ‘A’ atau terbaik. Kemudian pada 2018, DIY bahkan menjadi satu-satunya daerah yang pertama kali menerima predikat ‘AA’ dalam penilaian SAKIP.
Oleh karena itu, Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kaji tiru ke DP3AP2 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) (7/11/19).

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak ; Dra. Wredi Wyandani mengucapkan selamat datang kepada rombongan Dinas PPPA Kalsel, beliau mengemukakan untuk tidak segan bertanya dan silahkan meniru apa yang diterapkan DIY.

Dalam ceritanya, beliau mengungkapkan tidak perlu jauh berpikir inovasi apa yang harus dikembangkan dalam lingkungan perkantoran, Kami sendiri kini menyadari hal-hal perubahan kecil pun juga merupakan inovasi yang tidak boleh dianggap remeh serta mengutamakan kekuatan internal kantor dulu sebelum banyak berurusan dengan pihak luar. Contoh sepele seperti pemanfaatan kertas bekas.

Untuk SAKIP sendiri banyak juga perbedaan jauh antara Kalsel dan DIY, seperti seringnya evaluasi pasca pelaksanaan kegiatan sehingga pimpinan dapat memantau secara penuh kendala dan hambatan yang dihadapi PPTK sehingga secara bersama-sama dapat ditemukan pemecahan masalah.

 Hj. Husnul Hatimah, SH.,MH selaku Kepala Dinas PPPA Kalsel mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat DP3AP2 DIY,  dan berharap semoga dengan kaji tiru ini kita semua dapat meningkatkan prestasi serta melahirkan gebrakan inovasi-inovasi baru baik dalam aspek SAKIP maupun tata kelola pemerintahan yang lain.


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *