Yuk Refreshing sejenak sebelum ke Kantor

Yogyakarta – Menyeimbangkan antara kehidupan kantor dan kehidupan pribadi diperlukan, agar otak bisa refresh dan semangat untuk bekerja. Namun, kerjaan kantor yang tidak ada habisnya ditambah jatah libur yang sedikit sering kali menjadi penghambat untuk refreshing

Lantas, adakah harapan untuk refreshing ditengah-tengah kesibukan kerja? Tentu saja ada. Kali ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan berkunjung ke Yogyakarta, tak lupa berwisata sebentar ke Goa Pindul dengan paketan wisata menarik.

Apa Manfaat liburan untuk kesehatan dan diri sendiri :

1. Liburan Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Tubuh akan sangat berterima kasih padamu jika kamu segera pergi berlibur. Manfaat liburan yang pertama adalah mengurangi risiko serangan jantung. Seperti yang kita ketahui bahwa pergi berlibur bisa menurunkan tingkat stresmu, dan hal tersebut berkaitan sangat erat dengan menurunnya risiko serangan jantung.

2. Liburan Bisa Bikin Kamu Jadi Leader yang Baik

Manfaat liburan tidak hanya didapatkan oleh para pekerja saja, namun juga oleh para leader. Hampir sebesar 85% para eksekutif yang berpartisipasi dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa mereka membatalkan rencana liburannya karena tidak bisa meninggalkan pekerjaannya.

Perilaku seperti ini dalam jangka panjang nyatanya malah bisa membuat perusahaan merugi. Jika para pemimpin perusahaan bisa mengatur waktu berliburnya, maka mereka dapat bekerja dengan kreativitas yang lebih baik serta mampu menjalankan misi dan visi perusahaan dengan lebih maksimal.

3. Liburan Membantu Pikiran Tetap Tenang

Jika jarang pergi berlibur, maka otakmu akan terbiasa dengan hal tersebut. Namun sayangnya ini bukan pertanda yang baik. Beberapa ahli saraf mempercayai bahwa koneksi saraf yang menghasilkan perasaan tenang akan melemah ketika jarang digunakan.

Nah, seiring berjalannya waktu, hal tersebut akan berdampak pada kinerja otak yang semakin sulit untuk masuk ke mode istirahat, bahkan ketika tidak sedang bekerja sekalipun. Maka dari itu manfaat liburan bisa membantu koneksi saraf tersebut terus bekerja.

4. Liburan Bisa Meningkatkan Produktivitas

Semua orang memiliki batasannya masing-masing. Jika kamu bekerja melebihi dari batas kemampuanmu, maka hasilnya malah tidak akan optimal atau kontraproduktif. Nah manfaat liburan yang berikutnya bisa menjadi solusi dari permasalahan ini. Jika kamu pergi berlibur, maka produktivitas kamu dalam bekerja di kantor akan kembali seperti semula.

5. Liburan Bikin Kamu Panjang Umur

Setelah mengetahui bahwa manfaat liburan sangat baik untuk jantung dan otak, maka tak heran jika para penduduk negara yang ada di Benua Eropa memiliki harapan hidup yang lebih panjang serta biaya perawatan kesehatan yang lebih rendah.

Di Eropa, para pekerja mendapatkan jatah liburan selama 30 hari per tahun. Meskipun di Indonesia tidak ada kebijakan yang sama, tapi jangan lupa untuk menyempatkan berlibur.

6. Liburan Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat liburan yang selanjutnya adalah meningkatkan konsentrasi dan efektivitas cara berpikir, bahkan dalam waktu yang lama sekalipun. Ketika kamu menyempatkan waktu untuk melepas penat dengan pergi berlibur dari rutinitas sehari-hari, maka nantinya dapat kembali bekerja dengan lebih percaya diri dan siap untuk menerima tantangan baru yang lebih tinggi.

7. Liburan Bisa Meningkatkan Kreativitas

Bahkan orang paling kreatif pun butuh manfaat liburan. Kamu pastinya butuh sebagian dari waktumu untuk tidak memikirkan pekerjaan sehari-hari karena berpikir adalah suatu kegiatan yang cukup menguras tenaga.

Oleh karena itu butuh untuk sejenak beristirahat dengan pergi berlibur agar otak bisa kembali pada potensi dengan maksimal. Dengan berlibur, nantinya otak bisa berpikir dengan segar kembali dan bisa menghasilkan solusi dan terobosan kreatif.

8. Liburan Membuat Kamu Lebih Bahagia

Poin manfaat liburan yang satu ini sudah sangat jelas. Semua orang pasti tahu kalau liburan bisa bikin lebih bahagia. Lebih bagusnya lagi, kebahagian yang dirasakan setelah pulang dari liburan tersebut akan menular ke teman-teman dan keluarga sekitar. Dengan demikian suasana di kantor juga akan jadi lebih seru.

9. Liburan Bisa Meningkatkan Energi

Sebuah penelitian lain menunjukkan bahwa manfaat liburan bisa membuat tubuh menyimpan energi dengan lebih banyak. Dengan demikian, ketika kamu kembali bekerja setelah berlibur, semua pekerjaan akan terasa lebih mudah bagi kamu.

Oleh karena itu jangan anggap remeh liburan ya. Ketika kita pergi liburan, kemudian pulang, maka kitapun akan merasa lebih segar dan siap melahap semua tugas yang diberikan padamu.

Berliburlah dan Rasakan Manfaatnya!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *