Rayakan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-70 melalui Virtual

Banjarbaru – Peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke-70 terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena Pandemi Covid-19. Peringatan Hari Jadi Kali ini mengusung tema “Barakat Adat Banua Baadab, Barakat Iman Banua Salamat” ini dilakukan dengan sederhana melalui virtual, Jum’at (14/8/2020).

Jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Kalimantan Selatan yang mengikuti kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Pejabat bertempat di Ruang Rapat DPPPA Kalsel.

Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor mengatakan, suasana peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 telah membatasi kemeriahannya.

“Meski demikian makna peringatan Hari Jadi ini tetap kita renungi dan kita hayati secara mendalam, yang kemudian menjadi inspirasi kita untuk terus bergerak maju dalam membangun Provinsi Kalimantan Selatan yang mandiri dan terdepan diseluruh sektor pembangunan,” kata Gubernur yang akrab disapa Paman Birin ini.

Ia menuturkan, saat itu, Tanggal 14 Agustus 1950, Pemerintah Republik Indonesia menetapkan Provinsi Kalimantan Selatan sebagai 10 Provinsi di Indonesia. Berdirinya Kalimantan Selatan sebagai satu dari sepuluh Provinsi di Indonesia menjadi kebanggaan bagi kita semua. “Bagaimana kita bisa mandiri dan terdepan. Inilah pertanyaan dan tantangan besar yang mesti kita buktikan. Memang tidak mudah untuk mewujudkannya, harus ada kemajuan dan kesungguhan dari jajaran pemerintah dan seluruh laposan masyarakat di Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Paman Birin menambahkan, tantangan ke depan untuk membangun banua ini tentu saja tidak mudah apalagi diposisi pandemi Covid-19 yang belum bisa dipastikan kapan berakhir. Karena itu, Pemerintah Provinsi bersama Kabupaten/Kota terus melakukan berbagai upaya untuk menangani pandemi Covid-19. Pemerintah provinsi juga telah mengalokasikan anggaran yang cukup besar agar penanganan virus corona ini bisa maksimal.

“Masa kita bergerak untuk membangun banua masih panjang, banyak agenda dan program pembanginan untuk kita lanjutkan. Sinergi antara pemerintah provinsi dan kabuoaten kota harus kita tingkatkan. Momentum hari jadi ini kita jadikan inspirasi untuk membangun banua secara bersama,” kata Paman Birin.

Diakhir kesempatannya, Paman Birin berpesan agar jangan pernah ada ego dalam melaksanakan pembangunan. Tujuan utama pemerintah membangun daerah yaitu kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

“Mari kita maknai tema hari jadi ini sebagai spirit kita untuk menyongsong perjalanan provinsi kalsel yang lebih maju, lebih baik, lebih sejahtera serta kehidupan rakyat yang berkemakmuran,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut sebagai wujud upaya pemerintah provinsi kalsel dalam memutus rantai penularan covid-19 di Masyarakat Paman Birin melaunchingkan 10 ribu test swab di 13 kabupaten kota Kalimantan Selatan.